arabika atau robusta ?

Siang kokitens, Masih soal kopi, minuman kopi yang biasa kita minum berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan dipanggang, kemudian digiling sesuai kebutuhan kita. Dari sisi varietas nya, ada 2 macam kopi, yaitu arabika dan robusta. Kopi robusta lebih mudah ditanam sehingga harga nya lebih murah, sebaliknya kopi arabika memerlukan kriteria tertentu seperti harus ditanam di dataran tinggi. Dari sisi rasa nya, kopi robusta dominan pahit dan cenderung flat. Biasa dinikmati bersama susu dan / atau gula. Kopi robusta yang terkenal yang berasal dari lampung. Sementara dari sisi kadar kafein nya, kadar kafein kopi robusta 2x kopi arabika, cocok untuk […]

Cara menyeduh kopi menggunakan french press

Sore kokitens, pada postingan kali ini saya akan membahas cara menyeduh kopi menggunakan french press. Pada saat ini konsumsi kopi penduduk Indonesia sebesar 300 ribu ton kopi per tahun (2016). Kopi paling nikmat untuk teman sarapan pagi, ataupun untuk teman makan siang. Seringnya orang Indonesia menyeduh kopi dengan cara ditubruk, yaitu bubuk kopi diletakkan dicangkir dan dituang air mendidih, atau kalau di pulau Sumatera digunakan saringan kain yang dipopulerkan oleh masyarakat Aceh. Sebetulnya penggunaan saringan berbahan kain atau kertas kurang baik dibandingkan saringan dengan bahan kasa logam karena di saringan kertas ataupun kain menyerap zat di dalam Kopi yang bernama diterpenes yang sebetulnya […]

Pikirkan baik-baik sebelum memasak

Banyak sekali ibu-ibu muda malas memasak lho, ayooo??? kokitens pernah mengalaminya?kalo saya sesekali suka malas masak kokiten. Maybe kita perlu tau dahulu yah,… apa sih yang harus dipikirkan sebelum memasak di mulai.. Yuk,.. ini dari pengalaman saya yah…. Hal- hal yang harus dipikirkan sebelum memasak antara lain: Tentukan menu utama yang mau dimasak Hal ini bertujuan supaya apa yang kita masak sesuai arah dan sasaran gizi untuk hari ini, pikirkan menu yang baik terdiri dari daging, sayur dan kuah. ( jika mao komplit ), jika tidak bisa sayur dan daging.  Check list semua bahan untuk memasak Terkadang kita lupa untuk […]

Masak kok bisa gemuk?

Hmm, Hallo kokiten ? Sejak sering masak aneh-aneh walaupun saya selalu menjaga porsi dan jenisnya  , berat badan naik lho 1kgan. Why? Setelah baca beberapa artikel , bener juga nih kokiten… yuk kita belajar 5 kesalahan dalam memasak yang buat kita gemuk .: Menakar porsi sajian           Kadang kita suka lupa menakar untuk porsi sajian makan kita dirumah lho kokiten. Jika porsi takaran tidak sesuai bisa gemuk lho . Misalnya dirumah cuma berdua tapi kita masak yang buat 3 porsi bahkan bermacam-macam jenisnya. Wah bisa berlebih lho sajian protein, karbohidrat dan lemaknya. Hal ini bisa buat kita […]

Bagaimana cara memilih daging yang baik?

Awal-awal masak daging selalu bingung kalo kepasar mao pilih daging itu , gimana yah? Yang segar yang mana dan apa sih yang dipilih dari daging itu ? Setelah beberapa kali bertanya sama mertua dan referensi dari buku , saya jadi tau beberap ahal yang utama yang saya gunakan buat memilih daging . Nih ,.. ciri-cirinya Ciri-ciri daging segar  Pilihlah warna yang merah segar  tidak berbau asam daging masih elastis dan tidak lembek lemak daging berwarna putih kekuningan Pilihlah daging yang digantung dan tidak berair banyak  Cara mengolah daging sapi  usahakan setelah dicuci , dimasukkan dalam wadah sekali pakai lalu masukkan […]

Osengan dan Tumisan , apa bedanya?????

Hallo kokiten semuanya, apa kabar? kali ini dapuryuli mao berbagi mengenai osengan dan tumisan. Apa sih bedanya antar keduanya? Kok bisa dibilang tumisan ? kok dibilang osengan ? selidik demi sellidik ternyata memang berbeda lho kokiten … Hahah.. kita kenali dulu ciri-ciri nya yah …. ciri-ciri Osengan Terdiri dari lebih dari macam sayuran hanya menggunakan sedikit daging tidak berkuah menggunakan bumbu yang beragam Hanya dioseng dalam wajan dan minyak sedikit dan api besar waktu memasak sangat singkat Persiapan memasakn agak lama, krn lebih banyak bahan masak yg digunakan Ciri – ciri tumisan Terdiri dari satu macam sayuran utama Bisa berkuah […]