Masak kok bisa gemuk?

Hmm, Hallo kokiten ? Sejak sering masak aneh-aneh walaupun saya selalu menjaga porsi dan jenisnya  , berat badan naik lho 1kgan. Why? Setelah baca beberapa artikel , bener juga nih kokiten… yuk kita belajar 5 kesalahan dalam memasak yang buat kita gemuk .:

  1. Menakar porsi sajian 

         Kadang kita suka lupa menakar untuk porsi sajian makan kita dirumah lho kokiten. Jika porsi takaran tidak sesuai bisa gemuk lho . Misalnya dirumah cuma berdua tapi kita masak yang buat 3 porsi bahkan bermacam-macam jenisnya. Wah bisa berlebih lho sajian protein, karbohidrat dan lemaknya. Hal ini bisa buat kita gemuk. Ingat yaaahh… sesuai kebutuhan aja , jangan nafsu masak banyak akhirnya malah jadi gemuk. ok?

   2. Menjadi budak resep 

       Jika kita memasak menu baru pasti takarannya resep kan? nah karena takaran resep , kita  jadi lupa berapa takaran yang sesuai dengan tubuh kita . ya kan???? sadar or nga sadar , patennya ikutin resep yah kan?  Kadang sangkingg enaknya ikutin resep kita lupa kalo yang kita masak semuanya adalah jenis daging lho dan nga sehat buat tubuh kita. Oleh karena itu saran saya waktu kita ingin buat menu baru ada baiknya pikirkan dahulu , jenis dan bahan yang digunakan . Jika dirasa kurang sehat bisa diganti , kokiten. Misalnya : Daging sapi diganti ayam, Cream diganti yougurt, Udang diganti ikan dsb. Sehingga makanan yang kita sajikan lbh sehat tanpa mengurangi rasa sajian yang dimasak.

   3. Terlalu banyak menggunakan minyak

        Siapa yang masak, tanpa minyak? Minimal untuk menumis aja butuh minyak yah? jangan lupa yah , walau pakai minyak yang sehat pun tetep kudu ditakar yah, biar nga buat gemuk. Minyak yang lebih sehat itu biasanya olive oil , memang harga lebih mahal yah kokiten , tapi sehat dan pakainya buat menumis cukup 1 sdm saja . Jangan berlebih jika tidak ingin gemuk. Trus jika membuat gorengan , pastikan tiriskan diatas tempat minyak lbh lama dan gunakan tisue minyak diatas piring sajian. Hal ini bisa mengurangi kadar minyak dalam makanan.

   4.memakan sisa makanan

     nah , hal ini sering saya lakukan kokiten. Maybe ini yang membuat berat badan saya naik yah?hahahha… Setelah makan malam pasti jika saya lihat sisa makanan dipiring sayur tinggal sedikit , saya suka menambah nasi sedikit untuk menghabiskan makanan tersebut  or sayur tersebut saya gado. Alhasil , secara tidak langsung saya menambah porsi makan saya kan? jika tiap hari begitu , kira -kira bisa naik berapa kilo lagi nih? ya nga? dan jangan sampai jadi kebiasaan yah kokiten. Cara untuk mensiasatinya simple , cukup menyimpan sisa makanan tersebut dalam lemari es tanpa tergoda untuk menghabiskannya.okay? Hal ini juga suka disinggung tuh sama suami saya ,

‘kalo nga habis simpan jangan ‘tanggung’ , akhirnya  malah ngabisin trus habis itu jadi kekenyangan’.

bagaimana tidak , sebagai orang yang paling malas menyimpan makanan lama-lama saya sukanya dihabisin , beres. tapi ini ternyata nga baik , kokiten. Bisa bikin gemukk… Hiks hik hiks

   5. Terlalu banyak mencicipi masakan

      Kalo satu ini, mao nga mao sebagai ibu yang selalu masak pasti ngelakuin , kokiten. Ya kan? kokiten juga kan? Kita cicp-cicip masakan , sebelum dan sesudah masakan jadi. hati -hati bisa gemuk  lho. soalnya secara nga langsung kita juga menambah porsi makan kita lho … hahaha… Bayangin kalo masak sehari 3 kali , tiap kali masak sudah berapa kalori ya? belom lagi waktunya makan ? ya kan?

Dari semua hal diatas , yuk kita sama-sama belajar pintar yah , kokiten . Supaya keluarga sehat dengan masakan yang kita buat bukan malah jadi gemuk . Okay?

Semoga memberi manfaat  yaaahh….

Dapuryuli