Pikirkan baik-baik sebelum memasak

Banyak sekali ibu-ibu muda malas memasak lho, ayooo??? kokitens pernah mengalaminya?kalo saya sesekali suka malas masak kokiten. Maybe kita perlu tau dahulu yah,… apa sih yang harus dipikirkan sebelum memasak di mulai.. Yuk,.. ini dari pengalaman saya yah….

Hal- hal yang harus dipikirkan sebelum memasak antara lain:

  • Tentukan menu utama yang mau dimasak

Hal ini bertujuan supaya apa yang kita masak sesuai arah dan sasaran gizi untuk hari ini, pikirkan menu yang baik terdiri dari daging, sayur dan kuah. ( jika mao komplit ), jika tidak bisa sayur dan daging. 

  • Check list semua bahan untuk memasak

Terkadang kita lupa untuk mengabsen semua bahan untuk memasak lho, hal ini penting .Jangan sampai ditengah meamasak ada bahan yang kurang atau nga digunakan sama sekali hanya karena kita tidak mengecek secara pasti kelengkapan bahan yang ada. 

Bahan yang berkurang dan tidak ada gantinya , akan merubah rasa masakan yang akan dimasak. sehingga hasilnya nanti pun akan kurang sedap atau tidak sesuai dengan hasil yang mau dicapai. So jangan lupa check yaaahh

  • Lihat isi kulkas terlebih dahulu

Dengan metode ini , kita jadi lebih hemat dan tidak membuang makanan secara sia-sia. Check isi kulkas disini maksudnya , kita bisa saja mengecheck bahan sisa memasak kemarin yang bisa diolah kembali. Misalkan : masih ada buncis, so jika kemaren makannya buncis oseng, sekarang bisa dijadikan buncis balado ( tinggak melengkapi bahan lainnya ). 

  • jangan pernah mengurangi atau menambahi 

Sebelum memasak, biasanya kita menyiapkan bahan yang mao dimasak, Semua bahan yang mao dipakai harus sesuai dengan resep yah .. jika ragu untuk berapa porsi bisa langsung ditanyakan atau melihat detail isi resep tersebut. Jangan menambahi atau mengurangi takaran resep jika kita belum pernah memasak masakan itu sebelumnya karena jika itu dilakukan maka hasilnya pun akan kurang rasa atau kelebihan rasa. Hal menambahi atau mengurangi bisa dilakukan apabila kita sudah bener-bener mengetahui resep tersebut dan pernah melakukan eksperimen beberapa kali untuk mencapai hasil yang sempurna

  • Tentukan waktu yang dibutuhkan

Hal ini bertujuan , supaya kita mengetahui jam makan yang tepat kokiten, Sesuai kan jam mulai memasak dengan masakan yang mau dimasak sehingga kita nga keteteran dalam memasak . Bila perlu estimasikan waktu persiapan, memasak dan penyelesaian. Penting nihh… Misalnya : Kita masak tongseng , kita harus mempersiapkan bahannya sekitar 30 menit, waktu memasak sampai lembut itu 3 jam , persiapan bahan pelengkap 15 menit . Total memasak yang dibuthkan itu  3 jam 45 menit. Spare waktu kita 1 jam . So jika mao makan jam 12 kudu masak jam 8 atau kurang dari jam tersebut. 

Share: – waktu awal masak, tidak estimasi waktu. sehingga waktu suami pulang makanan blm bs dimakan

           – Lupa jika ada acara di siang hari, masaknya kelamaann akhirnya masakan berhenti memasak ditengah jalan. mubajir banget .            so jangan lupa estimasikan waktu nya ya, kokiten

Jika waktu yang dibutuhkan lama , bisa juga dipersingkat dengan menyiapkan bahan dihari sebelumnya , kokiten. Misalnya: masakn jam 7 pagi , bahan- bahannya disiapkan dari malam hari . 

  • Pikirkan Bahwa anda memasak dengan hati dan berdoalah sebelum memasak

Kita harus menstimulus diri kita sebelum  memasak bahwa hasilnya akan enak bahkan sangat enak , Hal itu dapat mengurangi rasa takut memasak dan kita bisa lebih percaya diri dalam memasak. sehingga apa yang kita masak pun nanti hasilnya pasti enak . Berdoalah semoga makanan tersebut dapat dinikmati keluarga dengan rasa yang bahagia saat menyantapnya, Dan bersyukurlah pada Tuhan atas apa yang bisa kita masak dan makan hari itu,  Ini  PENTINGbuat saya , kokiten. Karena permulaan memasak makanan yang baru itu, pasti membuat kita deg-degan kan? jadi nga yah? jadi nga yah? ( buang jauh-jauh dalam hati kita kata-kata tersebut ) , Tapi bilang pada hati kita ” pasti jadi , pasti jadi “. Dan lakukan dengan tulus dan cinta yah..

Semoga bermanfaat

best regard

Dapuryuli.