Resep masakan sup konro ( iga kuah )

Resep masakan sup konro ( iga kuah ) , Bosan osengan? yuk … cobain buat resep masakan yang agak ribet tapi lezat yaitu resep masakan iga kuah ala bugis. Resep ini saya dapat dari berbagai sumber resep yang saya satukan jadi satu resep istimewa. Cara membuatnya agak ribet sih ,,, tapi ngak apa-apa yah, yang penting puas sama hasilnya yang enak dan memuaskan lidah.

Kali ini kita menggunakan iga sapi yah kokitens, kalo resep sebelumnya kan resep masakan tengkleng menggunakan iga kambing , nah kali  ini iga sapi saja. Oh iyah kokitens, jangan lupa yah yang namanya iga atau daging itu kandungan kolestrol dan lemaknya agak banyak so jangan terlalu banyak mengkonsumsinya yah… he hehehe..

Resep masakan sup konro ( iga kuah ) berasal dari daerah bugis atau makasar. Udah pernah makan sup konro belom? ayoooo????? Sup konro biasanya dibuat dengan rempah dan warnanya kehitaman. warna kehitaman ini menggunakan bahan buah kluwek.  Nah untuk resep sup konro ( iga kuah ) yang saya share ini tanpa menggunakan kluwek ( yang membuat warna gelap ). Alasannya simple , karena typel yang saya buat kuahnya agak kental dengan daging iga yang kecil . Walaupun begitu ( tidak menggunakan kluwek) , rasanya nga kalah kok , kokitens. cobain dech yaaah….

Resep masakan sup konro ( iga kuah )

iga kuah ala bugisBahan

– 1/2 kg iga sapi , potong-potong

– 200 gr kelapa parut, sangrai

– 1 liter air

Bumbu yang dihaluskan

– 6 buah cabai merah

– 7-8 buah bawang merah

– 7 siung bawang putih

– 1 sdm kunyit

– 1 sdm jahe

– 1 sdm lengkuas

– 1/2 sdt jinten

– 1 sdm ketumbar

– 1/2 sdt pala bubuk

– 1 sdm garam

Bumbu lain

– 1 batang serai, keprek

– 2 cm kayumanis

– 3 buah tomat segar

– 2 batang  daun bawang, iris halus

– 2 lmbr daun jeruk

– 1 lmbr daun pandan ( optional )

–  2 gengam daun kemangi

cara membuat

– rebus iga sapi denga 1 liter air hingga empuk dan air menyusut. sisihkan

– Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan tulang iga dan 1/2 bagian  kaldu , serai , kayumanis, daun jeruk,  dan daun pandan.

– Masak tulang iga sampai agak menyusut airnya , masukkan kelapa sangrai dan aduk sebentar . angkat

– Hidangkan iga dengan irisan tomat dan taburan daun bawang dan sayur kemangi

Tips

– Tomat bisa sekalian dimasak bersama daging iga

– Jika mao daging benar-benar empuk bisa dimasak menggunakan slowcooker .

Share

– Resep ini sungguh nikmat dan kaya rasa. dari bahannya saja sudah terlihat yah kokitens, semua bumbu dapur bisa masuk kesini .

– Cobain yaaahh…

Coba juga resep daging yang lain resep masakan tengkleng , resep masakan dendeng balado, resep masakan krengsengan  , resep masakan tongseng domba