Resep masakan Nasi Hainan

Resep masakan nasi hainan , Hi kokitens …apa kabar semua ? bagi yang chinese .. besok imlek nih,,, dah siap belom? masak apa malam ini buat malam imlek ( tahun baru ). Kalau di keluarga saya itu biasanya makanan yang selalu adalah nasi hainan ( maklum keluarga saya semuanya berasal asli dari pulau hainan-china ) . Daripada masakan nasi hainan ada juga yang namanya ‘ juanlo’, sejenis masakan sop yang terdiri dari banyak sayur dan daging di rbus  menggunakan periuk khusus yang pembakarannya dengan arang supaya wanginya menyebar kesemua masakan dan ruangan. Masakan ini khsa banget lho ..selalu ada disaat sincia dan periuknya itu pun sudah jarang ada yang jual alias susah dicari .

Trus , Ada apa lagi kokitens ? Ayoh???? biasanya kalau di rumah nenek yang selalu ada, antara lain : ikan tim, babi panggang , bebek panggang , kue apem , kue segitiga. kue basah dan buah dan makanan manis. Semua makanan ini punya makna tersendiri lho kokitens. Intinya semua buat kebaikan dech… hidupnya manis-manis, panjang umur, rejeki berlimpah dan rasa syukur yang besar bahwa masih bisa makan enak dan berkumpul bersama semua keluarga .

Seiring berjalannya waktu , orang tiong hua jaman sekarang sudah mulai bergeser tradisinya ,  dari yang menyiapkan sendiri makanannya dimalam imlek ad juga yang  malam imlek -makan direstaurant chinense. alasannya simple sih : hemat , nga ribet dan sekalian jalan2 keluarga . gituh kokitens.

Beda hal nya di keluarga saya , sebisa mungkin kalau malam imlek kita makan dirumah. masak-masak bersama lalu makan bersama saling cerita sampai larut malam. makna nya  justru di persiapannya itu , bisa saling membantu dan bekerjasama satu sama lain apalagi jika keluarga semua berkumpul . wah rame daaahh…kebersamaan berasa sekali , asyikkk dan lebih leluasa jika dirumah sendiri. gitu kokitens. Nah kalo kokitens , gimana merayakan imleknya? pasti asyik kan?

Kalau punya rencana dirumah saja nih , bisa kok buat nasi hainan sendriri … gampang banget .  mao tau resepnya ? Nih disimak yah …( buat kapasitas 8 org yah.. kira2 kokitens_).. oh iyah … resep masakan nasi hainan  ini adalah resep rahasia keluarga saya lho jadi dijamin enak dan hainan banget dah ..perlu diketahui tiap resep masakan nasi hainan berbeda ditiap daerah dichina tapi khusus dihainan mereka punya ciri khas yang sama . nih resepnya ,..

Resep masakan nasi hainan

hainan chicken rice

Bahan

– 1 buah ayam kampung ukuran besar

– 2 buah jahe ( 2 buah bukan dua iris ) , keprek

–  1 , 5 sdm garam

—–>rebuslah ayam utuh tersebut dalam panci yang besar , sebelumnya masukan keprekan jahe dan lumuri garam bagian dalam dan luarnya . rebus sampai matang , pisahkan ayam dengan kaldunya ( rebuslah bersamaan dengan hati ayamnya )

– 2 liter kaldu ayam

– 4-5 siung bawang putih , potong halus

– 1 buah hati ampela ayam, potong kecil

– 4 buah jamur hioko yang sudah diseduh air panas, potong kecil-kecil

– 250 gr beras atau sesuai selera

Cara membuatnya

– tumis bawang putih sampai harum masukan jamur hioko aduk rata

– masukkan hati ampela ayam dan beras yang telah dicuci , aduk rata

– masukkan garam , merica dan gula pasir

-masukkan air rebusan ( kaldu ayam ) , aron sampai kering.

– Masukkan ke dandang nasi lalu masak sampai matang

Bahan untuk sambal

–  1 buah jahe , haluskan

– 3 siung bawang putih haluskan

– 3 batang cabai kriting merah, haluskan

– 1 siung bawang merah, haluskan

– 1 buah jeruk nipis, ambil airnya

– garam, merica dan gulapasir secukupnya

Cara membuat

-tumis semua bumbu sampai harum, angkat di mangkok sambal lalu aduk dengan perasan jeruk nipis

Bahan membuat kuah

– Air kaldu ayam

– 1 buah daun bawang

– 1 buah daun seledri

– Garam, merica secukupnya

Cara membuat kaldu

– Panaskan air kaldu lalu masukkan daun seledri , daun bawang , garam dan merica  aduk rata

Tips

– pilihlah ayam yang agak besar dan muda , jika bisa ayam wanita yah jd dagingnya lebih empuk

– Merebus ayam dengan api kecil agar semua sari ayam masuk kedalam air sehingga menjadi air kaldu ayam. gunakan air yang agak banyak sehingga bisa sekalian digunakan untuk membuat nasi dan kaldu

– cobalah selalu setelah memberi bumbu atau bahan tertentu

– bisa menggunakan tambahan minyak wijen pada tumisan beras. —> sesuai selera yah

– Ayam hainan bisa langsung dipotong sehabis di rebus—-> tidak usah menggunakan bumbu lagi karena sudah enak kok

-Lengkapi makanan nasi hainan dengan kuah kaldu atau bakkut sayur asin ,  potongan daging siobak yang gurih dan telor rebus kecap

Selamat menikmati

Suami saya bisa makan 2 piring kalo dimasakin menu ini , selamat mencoba semoga bermafaat buat resep malam sincia ( imlek ) yahh..

Lihat juga resep saya yang lain yah kokitens .. resep masakan pepes telor asin  resep masakan tongseng domba resep masakan krengsengan