Resep masakan Ayam Suwir bumbu bali

Resep Masakan ayam suwir bumbu bali , hi kokitens ? masak apa hari ini?  aku mao share nihh…

sekitar 2 bulan lalu , suamiku komplain waktu mao kumasakin steak ayam, katanya ” steak ayam “??? ” nga mao “!, steak kok ayam?Aneh buat saya kalo steak harus sapi , boleh ayam donk?. ternyata kokitens, suami paling nga suka makan steak dari daging ayam. steak yah dar daging sapi saja yang enak. jadi daging ayam karena disesuaikan sama di indonesia aja. hmm… punya pengalaman yang sama nga kokitens ?

Akhirnya , saya bingung itu ayam mao dimasak apa yah. ?udah ke pasar,  udah beli dada ayam beberapa potong buat steak ayam . eh yang di rumah nga mao makan steak ayam. pusing dech … trus saya tanya suami aja maonya apa…kata saya ” trus mao diapain nih ayam ?” dengan nada agak sinis. Suami dengan simple jawab : ” Buat resep masakan ayam suwir bumbu bali aja , kaya orang bali “. busett—Tambah puyeng dech , kita jadi tukang masak dirumah. ”  resep masakan ayam suwir bumbu bali ?????”.

dari keadaan ini saya mulai cari-cari soal resep masakan ayam suwir bumbu bali   dan coba memastikan dari bahan-bahan apa yang bisa buat rasa yang sama seperti di restoran bali .

Dari beberapa eksperimen jadilah resep yang satu ini , yang menurut suami bahkan lebih enak dari yang di kedai bali deket rumah.  Seneng banget jadinya,  kalo apa yang kita buat bisa disukai suami bahkan suami bisa makan dengan lahapnya.

Yuk dibuat dirumah , semoga bisa mempunyai pengalaman yang sama. dari hal ini saya jadi tahu ternyata terkadang suami juga punya makanan yang pengen kita masak buat makan dia lho , jadi jangan sungkan nanya yah … perut suami kenyang puas kita pun senang …

Resep masakan ayam suwir bumbu bali

ayam bumbu bali

Bahan

– 300 gr dada ayam ( kukus , suir kasar )

– 4 siung bawang merah

– 2 siung bawang putih

– 1 buah serai , potong halus

– 2 lmbr daun jeruk potong kasar

– 1 sdm air jeruk  nipis

– 30 ml air

Bumbu yang dihlauskan

– 5-6 buah cabai merah

– 3 buah cabai rawit

– 1/4 sdt kencur ( jika ada )

– 1/2 sdt terasi bakar

– 1/2 sdt merica

– 1 sdt garam

– 1/2 sdt gula pasir

Cara memasak

– Suir ayam yang sudah dikukus , lalu sisihkan

– Tumis bawang outih hingga harum masukkan bumbu yang dihaluskan  , aduk rata sampai harum

– masukkan serai , daun jeruk, air jeruk nipis , dan ayam suir. aduk rata

– berikan air , aduk dan sisa bumbu lainnya lalu aduk sampai agak kering .

– angkat dan sajikan hangat dengan nasi .

Selamat mencoba yah

Lihat juga yuk resep yang lainn… ada resep masakan serundeng tempe , resep masakan dendeng balado, resep masakan siomak cah tofu