Resep masakan brokoli cah jamur

Resep masakan brokoli cah jamur , hi kokitens ? apa kabar semuanya? pasti dahsyat-dahsyat  yah.. Kokitens kali ini saya bagikan resep brokoli cah jamur... Resep ini baru banget dari dapur. Saya share resep masakan brokoli cah jamur ini buat teman saya teh shinta yang nanyain di facebook.  Resep ini sebenarnya bukan resep baru kokitens, buat saya lho yaahh, hehehe. Saya sudah sering masak sayuran brokoli ini, hanya saja saya tidak pernah menakar bumbu-bumbunya. Nah kali ini , saya takar supaya bisa dishare buat kalian yaah.. kokitens .

Kalian pasti sudah tau kan  yah , namanya sayuran brokoli ??? Brokoli ini sayur yang unik, why? karena buat saya sayuran ini banyak gizinya , bentuknya cantik dan harganya juga agak mahal. Biasanya sayuran ini bisa diganti dengan kembang kol tapi rasanya berbeda lho yah. Brokoli biasa saya masak buat buah hati saya annabelle.. supaya dia tumbuh sehat dan kuat. tapi lama kelamaan saya masak buat keluarga besar. hahahaha… soalnya sekarang annabelle sudah bisa ikutan makan – makanan rumah. Asyiiiikkk, jadi mommynya nga usah repot dech sediain menu khusus buat anna.

Adapula di resep masakan brokoli cah jamur ini , ada bahan lain yang namanya ‘ Jamur ‘. Di resep ini saya menggunakan’ jamur hioko ( china ) atau jamur shiitake ( jepang ) ‘. Jamur ini selain banyak gizinya , bentuknya bagus , rasanya enak , dan harganya agak mahal yah.. Bentuknya seperti payung berdiameter  5-6 cm ( yang segar ) , Yang kering sekitar 3-4 cm ( harus di rendam air dahulu sebelum digunakan ) .  Semakin besar diameternya biasanya harganya semakin mahal lho kokitens . hehe..

Bahannya unik, bentuknya menarik, dan gizinya banyak so apalagi yang ditunggu. masak yukkk… biar agak mahal asal enak dan sehat gak  apa apa yah kokitens. nih resepnya

Resep masakan brokoli cah jamur

brokoli cah  jamur

Bahan

– 150 gr brokoli , potong-potong

– 4 – 5 buah jamur hioko , potong memanjang

– 1 buah wortel besar , potong serong

– 4 buah bakso sapi , potong bulat

– 1 batang daun bawang , potong serong

– 1 buah bawang bombay , potong kasar

– 2 siung bawang putih

– 2 sdm saus tiram

– 1 sdm kecap ikan

– 1/2sdt garam

– 1/4 sdt merica bubuk

– 150 ml air

– 2 sdt maizena larutkan dalam 50 ml air

Cara membuat

– Brokoli di rendam dengan air garam 15 menit lalu di rebus setengah matang, sisihkan

– Jamur hioko di rendam air panas selama 10 menit , lalu sisihkan ( lakukan sebelum dipotong-potong )

– Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan jamur hioko aduk rata.

– Masukkan wortel , aduk rata

– masukkan brokoli , aduk rata

– masukkan saus tiram, kecap ikan, garam, merica dan penyedap

– beri air biarkan mendidih sampai semua bahan lembut lalu masukkan larutan maizena . setelah mengental – angkat – sajikan

Tips

– gunakan jamur hioko yang segar atau kering tidak masalah, jika menggunakan yang segar cukup direndam air biasa jika menggunakan jamur yang kering harus direndam air panas supaya proses pelemasaanya cepat ( kalo mao lebih cepat bisa direbus )

– Bisa menggunakan bakso sapi atau bakso ikan

– jumlah sayuran bisa di ganti dan ditambah sesuai selera

– bisa ditambahkan daging ayam atau udang .

Selamat mencoba ,… semoga suka yah… sama menu ini … menu ini menu sayur paling  nikmat dan gampang. model rasanya seperti capcai hanya saja capcai nga menggunakan brokoli tapi kembang kol. Rasa yang ditampilkan pun berbeda tastenya dengan brokoli.

Selamat mencoba… jika ada pertanyaan bisa share dan massage yaaah…

Coba resep lain juga yukk…. Resep masakan ayam koloke , Resep masakan bakwan singkong , resep masakan nasi goreng kencur