Resep udang saus padang

Resep udang saus padang  , Hi para kokitens ? gimana? udah coba resep yang mana nih? kalo ada pertanyaan boleh yah ditanyakan ke saya . atau mao bagi2 pengalaman juga boleh . verry welcome buat coment , saran dan pengalamannya yaah..

Kalo ngomong soal ibu RT selalu berkutat soal makan pagi , siang dan malam . hmm, dibilang banyak banget yang bisa dimasak jadi makanan,  pada kenyataannya tetap saja setiap malam/ bergantti hari selalu bingung apa yang mao dimasak buat besok, ya kan? takut suami bosan atau kita yang bosan makanannya itu itu aja . bener kan? karena ini pengalaman pribadi saya jadi saya sangat mengerti sekali.

Nah , masak apa ayo hari ini? hari ini saya mao membagikan resep seputar seafood .. Udang? udah tau kan , hewan jenis ini? kalo ke resto seafood pasti ada menu udang bakar atau udang asam manis dan udang mentega.

Seperti yang kita ketahui , udang merupakan jenis binatang yang hidup diair tawar dan laut .  Jenis udang juga sangat banyak. kandungan gizi nya pun  juga banyak kokitens tapi ada kandungan yang menguntungkan  ( spt : kalsium, protein ) dan yang tidak menguntungkan ( spt : kolestrol). So be aware yah.. boleh dimakan asal jangan terlalu banyak sehingga menyehatkan bukan malah membawa penyakit , ok?

Resep kali ini saya mau membagikan resep masakan udang saus padang , hmm. mantap kan? resep masakan udang saus padang ini , bisa dibuat dari berbagai variasi masakan lho , kokitens . Bisa dengan proses menggoreng udangnya terlebih dahulu dengan saus dipisah atau dimasak bersamaan dengan sausnya. Nah, yang mao saya bagikan adalah resep masakan udang saus padang yang dicampur bersamaan dengan sausnya jadi lebih simple dan praktis namun rasanya juga lezat.

Yuk, ngintip resepnya…

Resep masakan udang saus padang

udang cabe

Bahan perendam

– 300 gr udang jerbung besar , kerat dan bersihkan punggung.

– 1/2 buah jeruk nipis

– 2 siung bawang putih, haluskan

– garam , merica

– minyak untuk menggoreng

bahan lain

– 2 siung bawang putih

– 3 sdm saus tiram

-1 sdm kecap inggris

– 1/2 sdm minyak wijen

– garam sckpnya

– 1sdt gula pasir

– merica sckpnya

– 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan yang dihaluskan

– 4 buah bawang merah besar

– 5 buah cabai merah

-3 buah cabai rawit

– 1/2 sdt bubuk jahe

-1/2 buah tomat segar

Cara membuat

– rendam udang dengan bahan perendam selama 15-30 menit, sisihkan

– Goreng udang tersebut setengah matang , sisihkan

– tumis bawang putih sampai harum, masukkan bumbu halus aduk sampai harum.

– masukkan saus tiram, kecap inggris , minyak wijen , garam, merica, penyedap ( jika ada ). aduk rata

– masukkan udang setengah matang, aduk rata sampai udang matang dan sausnya merata.

– angkat , tiriskan

Tips;

– Udang bisa digoreng setengah matang atau tidak digoreng lbh dahulu.  Jika tidak ingin menggoreng udang dahulu pada proses menumis bumbu ,sebelum memasukkan udang – masukkan terlebih dahulu air 50 ml sampai mendidih baru udang di aduk dengan bumbu.

– Jangan lupa mencicipi masakan anda . pedas dan asin optional tergantung selera yah kokitens

– Jika mau lebih berkuah bisa tambahkan air 50 ml —-> sesuai selera

– keratlah udang tanpa mebuang kepalanya karena kepala itu sumber protein tinggi dan pemanis alami dari udang . jadi udang suas pdang bisa lebih lezat rasanya.

Selamat mencoba yyahhh.. jangan lupa ngintip resep saya yang lain ….yang pasti enak lho buat optional masakan resep masakan cumi goreng tepung , resep masakan pesmol bawal, atau resep masakan sambal goreng hati