Tips mencuci French Press

tips mencuci french press

Pagi kokitens, di sini Andre yang menulis. Setelah kemarin kita membahas cara menyeduh kopi menggunakan french press , kali ini kita membahas tips mencuci french press. Jadi ceritanya kemarin saya ngobrol dengan tim soal review kopi toraja arabica aroma nusantara, biasanya saya titip dia beliin karena dia yang biasanya lewat sana. Eh pas pandangan menyasar ke french press yang di kantor, terlihat lah pemandangan yang mengejutkan. French press nya berjamur! Selama ini saya cuma bercanda sewaktu bilang “tu French Press dicuci, ntar kamu bisa panen jamur kalau kelamaan”.

Jadi gimana tips mencuci french press? Segera setelah dipakai, gelontor air dingin, di saat itu lebih mudah cucinya daripada kalau dah seminggu. Bahkan kalau misal nih bikinnya pagi dan siang baru dicuci, itu sudah mulai susah mengendap, perlu digelontor 3x baru bisa lepas sebuk kopi nya. Lalu kasih air lagi, ditutup dan pakai press nya ditekan dan ditarik kayak orang mompa ban untuk melepaskan serbuk kopi yang terselip di kawat kasa nya. Nah ini aja cukup untuk harian. Biasa di akhir minggu baru benar-benar dicuci pakai sabun, dan pakai tang, filternya dilepas dan dicuci satu per satu.

Image result for french press filter cleaning

Pada saat melepasnya diingat urutan nya untuk kemudian dipasang kembali. Filter kasa nya dicuci dan disikat bersih, lalu dipasang kembali. Cukup dilakukan di weekend saja karena merepotkan. Kalaupun rajin dan bisa melakukannya setiap hari, cukup baik dilakukan karena itu akan melepaskan sisa sisa serbuk kopi yang menempel di filter kasa yang mana akan memberikan rasa tambahan ekstra pahit karena over extraction.

Demikian tips mencuci french press, kalau ada yang kurang jelas dikomen aja, nanti kita perjelas.