Cooking by condition

Cooking by condition

Pregnant cartoon

15 /7 / 2014

Waw, sudah lama kayanya nga cerita soal yuli’s kitchen . Hmm, well .. saya mau berbagi lagi nih… pengalaman yang membahagiakan tapi juga membuat hidup saya berubah. Pasti sekiranya all kokitens sudah tau yaaah, Saya hamil lagi !!! hahaha….

Hmm, hari ini sungguh hari yang sangat cerah tapi sudah hampir4 bulan lamanya saya tidak bisa memasak dengan leluasa karena saya sedang hamil muda. Dikala mual melanda, bad mood, ngantuk yang tak tertolong sampai lemas tak terkira , kurang bergairah dan bawaannya cape melulu. Yah, kira-kira begitulah kokiten yah kalau sedang hamil .

Kehamilan ini terasa begitu berbeda lho kokiten dengan kehamilan pertama. well saya sharing sedikit pengalaman saya yah…

Dulu waktu kehamilan pertama tuh waktu hamil si annabelle yang unyu itu, betul-betul tidak mual, pusing , ngantuk bahkan cape. Saya sangat aktif bekerja bahkan memasak terus tanpa henti setiap hari.  Dari menu utama sampai camilan 2 x sehari , waw !!!amaze bukan ??

Nah kehamilan kedua ini benar-benar membuat saya speecless dan tidak menduga akan sangat berbeda dengan kehamilan pertama. Banyak yang bilang , maybe anaknya laki-laki jadi sepasang , heheh ” Amin “. hahahah…Dari awal kehamilan ini pun aneh lho kokiten,  Saya sudah curiga saya hamil ketika jadwal menstruasi itu telat 1 minggu lamanya.  Tapi berhubung terkadang  bisa sirklus 40 hari , saya tunggu saja lagi. Setelah ditunggu-tunggu ,pada kenyataannya si ‘bulanan’ kagak datang-datang tuh . Iseng setelah telat sekitar 1 mingguan saya test pack yang pertama, hasilnya negatif ( wahh, leganya karena dari awal rencananya memang mau ditunda sampai setahun lagi ).

Sampailah Beberapa hari kemudian , saya tunggu-tunggu tetep saja itu “bulanan ” kagak datang-datang . Pikiran yang aneh sudah bermunculan di kepala dari perihal adanya kista yang tumbuh kembali sampai kehamilan diluar kandungan , iddihh amit-amit. Sebisa mungkin saya buang jauh-jauh pikiran itu sambil cari-cari info kira-kira apa yang mungkin terjadi yaah. ..

It OK, besoknya saya tespack kembali , kalian tahu kokiten hal yang paling aneh lagi muncul dihasil testpack: satu garis jelas, satu garis samar-samar ????? Apa- apaan ini ? itu testpack adalah tespack dengan harga yang cukup mahal seharusnya sangat akurat. kenapa bisa muncul hal seperti ini . OK masih berpikir positif dan membaca keterangan yang ada di kotak testpack dan tertulis ” jika terdapat satu garis samar dan satu jelas ada kemungkinan anda hamil , jadi periksakanlah segera kehamilan ada untuk memastikannya”. Hah?? what ??

Suami saya sudah sangat takut saat itu ,dan segera meminta saya untuk memeriksakan kandungan segera kedokter. Yah , memang semua ada jalannya kali yah… telp ke rumah sakit tempat saya biasa berobat dokter yang bersangkutan malah cuti sampai minggu depan. Konsul sana sini katanya jika hamil diluar kandungan pun masih bisa sebulan lagi buat diketahui. Ok, sip . Selama satu minggu saya berdoa mohon bimbingan dan kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang ada dalam perut saya. ( terdengar lebay yaah, tapi itulah yang saya rasakan apalagi berpikir masuk ruang operasi yang menakutkan itu ).

Tibalah hari saya konsultasi kedokter.  Tanpa ragu sebelum konsultasi dokter disore hari ,  saya beli lagi testpack  untuk memastikan hasilnya seperti apa setelah satu minggu ini. Waw.. hasilnya ” POSITIF “. Makin bingung dech saya dibuatnya. Saya sungguh tidak mengerti apakah testpacknya yang kurang akurat( nga mungkin juga yah) atau testpacknya salah?

Sewaktu sore hari saya check ke dokter di USG tuh, kagak ada apa-apa di kandungan. waduhh.. dokternya menanyakan beberapa pertanyaan dan akhirnya diputuskan untuk USG tranvagina, tetep aja tidak ada kantung kehamilan lho. Waduh ,… kata dokter ada 3 kemungkinan : tidak hamil , hamil belum terlihat atau hamil di luar kandungan ( tapi untuk yg ketiga sangat langka hanya 2% dr setiap kehamilan ). Singkat cerita saya di minta check satu minggu lagi. Dan , Eng… Ing ….Eng …., sudah ada kantung babynya dan POSITIF hamil. Saya sangat lega walau si baby masih sangat kecil sekali dan umurnya baru 5 weeks.. Thank God .

Panjang yah curcolnya soal hamil , hehe… tapi  ini pengalaman yang baru buat saya dan sangat memberikan saya kejutan diawal kehamilan. Kejutannya nga sampai disitu kokiten . Sehabis dari dokter mulailah mual itu datang tak henti , tidak suka kemacetan dan tidak suka dikeramaian. Kalo dikeramaian saya mual dan pusing nga kepalang . Saya tidak suka keluar rumah bahkan beraktifitas. Maunya cuma rebahan , bobo, nonton dan makan seadanya.

Permasalahan mulai muncul dari harus mengurus si kecil sampai mengurus si suami jadi agak terbengkalai. Maaf yaah suamiku.. hik hik … Belum urusan renovasi rumah yang tertunda sampai hari ini , mengurusi rumah dan pembantu.. huh sungguh tidak mengenakkan .

Yupe, kalo menurut beberapa orang hidup itu harus tetep dijalanin bahkan cerita teman lebih susah pas hamil ketimbang saya. Oleh karena itu judul Yuli’s kitchen kali ini adalah ” cooking by condition “. Bisa dibayangkan saya  harus memasak dalam kondisi saya sedang mual , yang serba ngantuk, nga bisa bangun pagii bahkan kepasar. Segala cara saya upayakan untuk terkadang melawan apa yang dikehendaki oleh tubuh ini ( banyakan gagalnya sih )..hehhe…

Puji Tuhan suami saya sangat pengertian, dia bisa meyiapkan sendiri sarapan bahkan membelikan masakan matang dikala makan siang dan makan malam. Yah, pasti terpikirkan oleh kokiten dirumah kan apa yang terjadi jika beli makanan diluar terus ??? Yah, betul sekali ” BOROS “, inilah yang terjadi selama satu bulan.  melihat segala kelemahan saya, saya tidak berusaha melawan tubuh saya tapi mulai perlahan-lahan saya bangun semangat itu hari lepas hari sampai akhirnya bisa tuh saya memasak dalam beberapa hari namun kemudian off lagi. Yah, itulah usah saya , usaha seorang ibu untuk membuat semua perut dirumahnya terisi kenyang.

Di satu isi ,Sedih melihat suami harus menyiapkan segalanya sendiri, melihat anak saya yang pertama main sendirian sedangkan ibunya hanya tiduran tanpa menghasilkan apa-apa seharian. Di sisi  lain,  senang melihat akan punya anak lagi dan syukur-syukur saya di anugerahi anak laki-laki jadi sepasang dech… Amin. .Hehehe.. Sungguh bersyukur harus menjadi moto saya hari ini , hanya dengan cara itu sungguh bisa menikmati kehamilan ini dengan semangat. Walau mual , lemas dan cape, tidak boleh ada kata mengeluh, harus semangat terus tapi juga jangan memaksakan . Ada beberapa tips buat kokiten nih kalo lagi bad mood buat masak lagi , biasanya kan pada bosan tiap hari masak ??? ya kan????apalagi kalo bawaan hamil , ya kan??? ngerti lah yah ? Tips nya:

  1. Selalu panjatkan doa sebangun dari tidur , dan bersyukur akan hari yang baru . tarik nafas panjang dan berilah stimulasi diri dengan berkata ” semangatt”
  2. Apalabila lagi senggang jangan lupa searching2 resep atau baca buku yang menyejukkan misalnya: chicken sooup for mother
  3. Pada saat badan sudah enakan dr badmood atau keadaan yang tidak enak , jangan lengah langsung bergerak, beraktifitas sehingga kita bisa lupa tuh lagi barusan badmood atau barusan mual
  4. Rehatlah sebentar sehabis beraktifitas masak atau main dengan si kecil , stel music ringan — selonjoran smabil minum kopi atau teh .
  5. jangan pernah mengeluh hal-hal yang negatif tapi pikirkanlah hal yang positif yang membuat kita semangat lagi lalusebelum bobo  berdoa lagi , bersyukur dan berdoalah buat org-org disekitar kita.
  6. Jika lagi badmood atau tidak sehat , masaklah masakan yang enak tapi simple dan tidak rumit dalam proses pembuatannya.

Nah , itu beberapa tips dari saya yang selama ini menyemangati , walau terkadang seharian masih berasa lemas dan mual. tapi percayalah bahwa masanya ini akan lewat dan pasti ada waktunya buat bisa beraktifitas normal lagi .  Buat kokiten , yang suka galau atau bingung dalam hal memasak apalagi kondisi yang tidak memungkinkan buat measak misalnya; bangun kesiangan atau lagi tidak fit. Bisa coba tips dari saya.. atau kalian punya tips yang lebih jitu , bisa berbagi bersama saya yaah..

Semoga blog dapuryuli ini  , bisa menginspirasi  kalian ibu-ibu muda yang lagi semangat mengurus keluarga kecil bahagia dan sejahtera yah dan , Semoga  saya bisa dengan semangat sehari lepas sehari melalui kehamilan ini dengan lancar yaah, dan pada  saya bisa terus berbagi ilmu dan tentunya resep lezat buat kalian semuanya.  Selamat mencoba tips dan berbagi bersama dapuryuli yaaah, all kokiten …

” karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling mebangunlah  kamu seperti yang memang kamu lakukan ”

( 1 tesalonika 5 : 11 )

Best regard

Yuli

( dapuryuli )