Resep masakan Iga penyet

Resep masakan  iga penyet , Hmmm … iga enak dibuat sop iga , tapi bagi yang pernah merasakan enaknya iga penyet ala teko atau leko dirumah , gimana?

Hallo kokitens, piye kabare? Kali ini dapuryuli mao bagiin resep masakan iga penyet ala dapuryuli. Seperti biasa caranya nga susah kok. cuma butuh keuletan dan niat membuatnya. hahahaa……….

Jika saya ke pusat belanjaan, pasti selalu makan di yang namanya iga penyet leko , makanan khas-nya iga penyet . Antara leko or teko – nga ngerti dech yang mana duluan, hahaha. Awalnya saya nga pernah tuh makan iga penyet. Pertama dan sering yah makan disitu-itu.

Kemarin saya punya stock iga sapi, saya nga tau mau diapain. Awalnya mao kumasakin sop iga tapi suami nga setuju tuh… maklum sebelumnya kan saya sudah bilang kalo suami saya nga suka kuah-kuahan.. payaaaahh yaaah…, kokitens.

Muter nih kepala , kalo pas tanya suami soal masakan dan  jawabannya “NO”.  Trus bisa tiba-tiba suamiku datang dan bilang , bikin resep masakan iga penyet aja gimana? wawwwww…………iga leko gitu??? OMG, mana saya nga pernah buat kaya begituan pula.. akhirnya searching dech resep masakan iga penyet , tapi nga afdol tuh kokitens. Kayanya kurang meyakinkan, saya nyarinya serambi ngasih mentega ke roti tawar, waktu itu. Pas saya taruh itu mentega ditempatnya, dibelakang bungkus mentega tertulis ” IGA PENYET “.  Waw, kebetulan banget yah?bagi saya itu Tuhan yang ngasih tau ( bukan hanya kebetulan ). Hahahhaa… Saya catat itu resep serambi membandingkan dengan resep yang lain ….Jadilah resep yang satu ini .

Yuk langsung ke resepnya ,… biar afdol yah… yuk yak .. yukkkk

Resep masakan Iga penyet

iga penyet

Bahan

– 500 gr iga sapi , cuci bersih

– 400 ml air

– 2 lembar daun salam

– 5 butir cengkih

– 1 ruas jahe

– 250 gr margarin

Bumbu yang dihaluskan

– 4 siung bawang putih

-1/2 sdt ketumbar

– 1 cm kunyit dikupas

– 3 cm jahe

– 3 cm lengkuas

– 1,5 sdt garam

Cara membuat

–  Rebus iga sapi dengan daun salam, cengkeh , dan jahe . hingga matang

– setelah matang angkat , tiriskan sebentar .

– Lalu lumuri dengan bumbu  lalu tambahkan air dan rebus kembali hingga empuk , angkat sisihkan

– Panaskan minyak goreng dalam wajan , goreng iga yang telah dibumbui tadi sampai matang

– Iga siap disajikan dengan nasi dan sambal penyet ( sambal penyet bisa di lihat di resep sambal yah )

Tips

– Jika ingin daging iganya lembut sempurna , bisa memasaknya di slowcooker pada saat proses lumuri bumbu dan penambahan air.

– setelah lunak, baru di asat menggunakan kompor. lebih empuk dan nyaman ( nga usah ditungguin )

– Pakailah bagian iga yang masih tedapat daging yang agak banyak supaya lebih enak rasanya, jangan menggunakan iga dengan bagian tulang rawan yaah..

– Daging sapi bisa diganti ayam , hanya saja rasanya kurang gigit ketimbang daging sapi  ( ada mising  taste-nya  )

– Jangan lupa disajikan dengan sambal penyetnya yahh… resep sambel penyet

Lihat juga respe saya yang lain yah …resep dendeng balado , resep masakan udang goreng kari , resep masakan sup konro , resep masakan kangkung teriyaki dan resep masakan cakalang ala manado dan  lain lain.. monggo di cobain para kokitens yaaahh