Resep masakan oseng cumi asin

Resep masakan oseng cumi asin, halllloooo….. udah tau belom kalo cumi ada yang diasinkan juga lho?saya baru tau akhir-akhir ini dari tukang sayur. Trus saya tanya dech sam atukang sayur , ” mang biasanya dimasak apa, pak ? ” . Jawabnya : ‘ dioseng aja non”. Oseng pake apa pak? “tanya saya lagi . ” pake taoge enak kok”, jawab tukang sayur . Hmm.. akhirnya beli dech tuh cumi asin sekantong. Awalnya Bingung dah , enak kagak yah di oseng . beginilah awal terjadinya resep masakan oseng cumi asin.

Akhirnya saya cuci tuh cuminya, kokitens. Siapin dech bahan sekiranya supaya cumi nga amis baunya dan nga terlalu asin . Saya mencoba juga cari-cari resep cumi asin di internet . maybe bisa membantu buat patokan bumbu . Ketemu sih kokitens tapi hasilnya nga terlalu memuaskan. Saya nga putus asa, coba lagi dengan berbagai panduan resep dan tambahan bumbu dari saya. Hasil eksperimen sekitar 2 – 3 kali jadilah resep oseng cumi asin ini .

Seperti yang kita tau , cumi itu gizinya nga banyak . Jadi sebisa mungkin dimasak dengan sayuran lain supaya memenuhi gizi makanan sehari-hari yaaahh. Pilihannya antara dimasak bersama sayuran lain atau ada menu lain yang bisa menambah kandungan gizi makanan. Cumi itu banyak mengandung vitamin b12 yang baik buat tubuh dan katanya tintanya bisa dijadikan obat pencegah kanker. hmmm.. mantap yaahh.. Yuk ke resep…

Resep masakan oseng cumi asin

oseng tagoe cumi

Bahan

– 250 gr cumi asin ( 3-4 buah )

– 50 gr jamur hioko ( bisa diganti jenis lain ). iris tipis

– 100 gr taoge , buang buntut

– 2 batang daun bawang , potong-potong

– 400 ml air

-4 siung bawang putih, iris halus

– 1/2 buah bawang bombay , iris kasar

– 5 buah cabai hijau besar , potong bulat

– 2 sdm saus tiram

– 1 cm jahe , keprek

– 2cm lengkuas, keprek

– 1/2 sdt gulapasir

-50 ml air

– merica dan penyedap secukupnya

Cara membuat

– rebus dahulu cumi dengan 400 ml air, sampai lunak dan mengembang . sisihkan

– Tumis bawang bombay sampai harum masukkan bawang outih , tumis lagi sampai harum masukkan jahe dan lengkuas , aduk sampai harum

– masukkan ┬ácumi, Jamur hioko , taoge , cabai iris, saus tiram , gulapasir , dan air . aduk sampai meresap

– tambahkan terakhir daun bawang , aduk sebentar . angkat dan sajikan hangat

Tips

– jangan menambahkan garam lagi karena cumi sudah cukup asin

– Jika menggunakan jamue hioko harus direndam dahulu sampai lunak baru dipotong – potong

– jahe merupakan bumbu optional penghilang amis, bisa tidak digunakan

Share

– Waktu suami saya makan , dia komentnya cuma ” cumi nya kok aneh yah , renyah , gurih , enak “. ┬ádan mulai nambah nasi lagi dah … hahahaha.. so yuk dicoba yaaahh.. buat tambahan menu dirumah …

Lihat juga resep oseng lainnya yah… resep masakan oseng tahu taoge, resep masakan osenmg tempe , resep masakan bakmoi , resep masakan nasi goreng kencur, resep masakan spinach nugget